Artikel Umum

IMG-20200509-WA0090.jpg

Dapur Umum SABANDUNG ( Sangu Bancakan Urang Bandung )

Pemerintah Kota Bandung serentak membuka Dapur Umum di 30 kecamatan di Kota Bandung untuk di kecamatan Bandung Wetan lokasinya Di Depan Hotel Paviljoen Jl. Riau No 68 Bandung dengan Nama DAPUR SABANDUNG BAHAN ORGANIK & SEGAR.

Sabandung atau singkatan dari “Sangu Bancakan Urang Bandung”Adalah kegiatan pemerintahan Kota Bandung untuk melakukan kegiatan sosial untuk mengumpulkan donasi dan bantuan – bantuan agar tepat sasaran guna mendukung program pemerintah kota untuk masyarakat agar tidak keluar rumah demi penekanan penyebaran covid-19 agar tidak menyebar lebih luas, hal tersebut ungkapkan Camat Bandung Wetan Sony Bactiar  di sela sela persiapan pembukaan Dapur Sabandung.

IMG-20200509-WA0091.jpg

Lebih lanjut Sony menyatakan kami ingin merubah citra dapur umum maka lokasi dapur umum di area strategis, bahan-bahan yang digunakan pun bahan-bahan organik karena sangat menunjang peningkatan imun juga kalau menggunakan bahan-bahan organik.

Bagian kolaborasi dan Sinergi antara Beberapa elemen masyarakat, Pemilik hotel lalu juga ada yang memberikan donasi berupa Paket sembako dari Akademi Sekretari dan Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), Supplier-supplier bahan-bahan makanan yang hari ini dibeli langsung dari petani jadi kehidupan para petani dapat terbantu .

Dapur Umum ini yang biasa dari yang biasa di lakukan menjadi luar biasa, seperti hal nya bahan baku masakan di ambil dari sayuran dan bahan Organik yang sehat, sehingga yang memakan makanan yang dihasilkan dapur umum dapat imun dari segala penyakit karena makanan di buat dari bahan yang sehat.
Demikian pula kami bangun dapur umum di tempat stretgis yang sehat dan kelihatan oleh masyarakat hal ini juga supaya para donatur gampang mengawasinya, dan gampang juga kalau untuk mengirim bahan baku untuk menunjang kebutuhan dapur umum .

Untuk tahap awal akan dilaksanakan 7 (tujuh hari) terhitung mulai hari ini Jumat,8 Mei 2020. Setiap hari kami menyediakan 500 Porsi untuk makan Sahur dan Buka Puasa, di kirim ke 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Citarum,Kelurahan Cihapit dan Kelurahan Cihapit dengan 36 titik dengan sasaran dari program ini adalah warga yang DP dan TDP, sesuai dengan data yang dikirim para Ketua RT/RW melalui Kelurahan, dan akan kami kirim langsung ke rumah masing-masing, dengan demikian diharapkan akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu di Kecamatan Bandung Wetan ini kita membuat yang namanya lumbung RW dan juga.Tugas-tugas jaga ini akan kita support karena yang petugas jaga baru siaga di tiap RW di kecamatan Bandung Wetan ini, yang bertugas siaga untuk pengawasan pengendalian lingkungan nya masing-masing.

Kegiatan ini dapat berlangsung kolaborasi antara Pemerintah Kota Bandung, Tim PKK yang diketuai Ummi Hj. Siti Muntamah Oded,S.AP. PIPPK, Peetaloca, Roda Indonesia dan diharapkan para Donatur juga silahkan untuk membantu keberlangsungkan Dapur SABANDUNG, kata Sonny.

Sementara itu dari Peetaloca Gita G Poeradiredja antara lain mengtakan kami akan berusaha untuk menyajikan makanan yang sehat karena akibat Covid – 19 mengakibatkan IMUNITAS “KRISIS IMUNITAS” Makanan berpengaruh langsung terhadap kualitas imunitas tubuh, pemakaian zat – zat kimia secara berkelanjutan (Sustainable) menyebabkan lemahnya kemampuan imunitas tubuh yang mengakibatkan sebagai macam penyakit. Dalam kondisi pandemik seperti ini pencapaian kualitas imunitas tubuh menjadi sesuatu yang sangat krusial untuk dikembalikan (Revitalisasi).

ORGANIC & FRESH FOODS “Healty With Organic Life”
Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian, organik,yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia.

Penggunaan pestisida organik sepertitoksin Bacillius thuringiensis masih digunakan.
Fresh foods adalah bahan – bahan pangan langsung dari pertanian dan peternakan yang dikirimkan langsung ke Dapur Sabandung untuk diolah serta didistribusikan kepada yang membutuhkan bekerja sama dengan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk masyarakat.

SINERGI
Akibat dari pandemik ini selain membawa dampak kerusakan secara biologis dan dapat mengakibatkan juga kerusakan tatanan sosial secara ekonomi. Perlu sebuah jalan keluar yang dibangun bersama untuk meminimalisir akibat – akibat turunan yang terjadi.

#SYNERGY adalah gerakan bekerja bersama saling bahu – membahu, saling memberi manfaat untuk dapat mencari solusi agar tatanan sosial dan ekonomi tetap mampu bertahan menghadapi segala kesulitan dan dapat membangun tatanan yang lebih kuat dan mampu menghadapi segala tantangan.
Sementara itu Dr.Chandra Hendriyani.,M.Si Direktur Akademi Sekretari dan Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), Bandung menyerahkan bantuan Paket Sembako kepada Camat Bandung Wetan untuk diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya antara mengatakan, dengan adanya pendemi Covid-19 yang mengakibatkan berambahnya orang miskin baru sehingga memerlukan bantuan dari semua pihak, kami sebagai Pengurus Lembaga Pendidikan yang kebetulan kampus kami berdomisili di wilayah Kecamatan Bandung Wetan.

Dengan gerakan Dapur Umum yang diprakasai oleh Ibu Ketua Tim PKK Kota Bandung, yang merupakan kepanjangan tangan dari Program Jabar Bergerak yang di komandani Ibu Atalia istri Gubernur Jabar, yang kami ikuti di pemberitaan bahwa beliau sangat aktif terus berusaha membantu masyarakat dengan berbagai upaya seperti menggerakan seluruh potensi PKK mulai dari Tingkat Provinsi sampai tingkat kelurahan/Desa, kami sangat mendukung kegiatan tersebut, pungkas Dr.Chandra.

*** Ocid Sutarsa ,/ Iwan Aruna.

Martika Edison SILIWANGI NEWS.

Sumber: siliwanginews.com

Sumber: terasjabar.co

 

Online bookmaker Romenia betwin365.webs.com