Artikel Umum

Korea – Indonesia Cultural Exchange

di Kampus ASMTB

Kontributor: Hendri Pramadya, M.Hum.

kor-ina.JPG

Akademi Sekretari dan Manajemen Taruna Bakti menyelenggarakan kegiatan Korea – Indonesia Cultural Exchange 2017 pada Selasa, 8 Agustus 2017 di Kampus ASMTB Bandung. Kegiatan ini digagas terkait dengan kebutuhan dunia kerja dalam pemenuhan lulusan-lulusan prodi sekretari yang mampu berbicara bahasa Korea dan memahami budaya Korea.

Seperti kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir semakin banyak perusahaan dari Korea Selatan berinventasi di Indonesia. Mereka mendirikan dan menjalankan perusahaan di Jawa Barat dengan harapan dapat memperoleh tenaga kerja yang berkulitas dan siap kerja. Kendalanya adalah tidak banyak calon tenaga kerja yang mampu berbahasa korea dengan fasih tak terkecuali untuk posisi sekretaris. Oleh karena itu, sejak tahun 2014 ASMTB secara intensif menyelenggarakan program pembelajaran bahasa dan budaya Korea melalui kegiatan ekstrakurikuler bahasa Korea. Program ini difokuskan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang bahasa dan budaya Korea Selatan dengan harapan para lulusan ASMTB dapat diserap oleh perusahaan-perusahaan Korea Selatan baik yang di dalam dan luar negeri.

Kegiatan pertukaran budaya kali ini dihadiri oleh 27 orang Korea Selatan dan kurang lebih 40 mahasiswa ASMTB yang aktif dalam program Ekskul Bahasa Korea dan anggota organisasi kemahasiswaan. Kegiatan kali ini terbagi dalam 3 Kategori:

  1. Games
  2. Pengenalan perawatan kulit dan kecantikan ala Korea Selatan
  3. Masakan ala Korea Selatan

Acara dibuka mulai pukul 10.00 dan selesai pukul 14.00. Setelah acara pembukaan, mahasiswa dibagi dalam tiga kelompok: yang mengikuti games di Aula ASMTB, yang mengikuti kelas kecantikan di ruang 301, dan yang mengikuti kelas masak di ruang 302. Materi games sangat menarik perhatian peserta karena banyak aktivitas permainan, kerja sama antar tim, kecepatan, dan kecerdikan misalnya dalam lomba lompat tali antar team, lempar ring, dan lomba naik perahu. Yang lebih menarik lagi adalah  instruksi games diarahkan dalam bahasa Korea – sesekali berbahasa Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa dipaksa bicara dan memahami percakapan dalam Bahasa Korea.    

Sesi lain, yaitu materi pengenalan perawatan kulit dan kecantikan ala Korea Selatan juga tak kalah menarik. Peserta dapat langsung mempraktikkan alat make up dan perawatan kulit di dalam kelas secara  gratis dipandu oleh seorang dokter kecantikan wajah dan perawatan kulit . Acara ini didukung oleh Rapha Skin Care, produk kecantikan dari Korea Selatan.   

Di kelas memasak peserta diajarkan cara memasak dengan arahan peserta dari Korea Selatan. Menu masakan yang mereka buat merupakan masakan terkenal yang biasa disantap oleh orang Korea seperti  kimchi, kimbap, bulgogi, dan teokbokki. Selesai memasak, seluruh peserta mencicipi bersama semua masakan yang dihidangkan. Dari ekspresi para peserta sangat terlihat bahwa masakannya enak dan memuaskan – terlebih mereka memasaknya sendiri.

Secara umum peserta sangat antusias dalam mengikuti program ini karena baik peserta dari Korea Selatan maupun mahasiswa ASMTB terlibat aktif dan banyak menemukan hal-hal baru yang tentunya mengesankan bagi kedua belah pihak. Setelah kegiatan selesai pada pukul 14.00 Mr. Kim, perwakilan peserta dari Korea Selatan, menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas sambutan yang baik dari pihak ASMTB dan berharap ke depan kerja sama ini akan berlanjut dengan lebih erat lagi terkait dengan rencana Myongji University dari Korea Selatan yang akan menjalin kerja sama antar perguruan tinggi dengan ASMTB dalam program double degree, kursus, dan student exchange.

Online bookmaker Romenia betwin365.webs.com